Sunday, April 20, 2008

analyse.

bikin cerpen itu ga gampang (baca: susah)!!!

Pertama gue kasih cerpen buat tugas b. indo ke seorang temen gue sesama penulis dan hobi baca (KOMIK, hehehe). Eh dia ngga nangkep ceritanya. Dia kira si tokoh utamanya ilang ingatan. Ya elah ngga mungkinlah, amnesia itu udah plot paling pasaran di sinetron. Males banget kalo gue bikin yang kayak gitu juga. Duh.

Kedua gue kasih ke temen gue yang lain, penulis dan hobi baca (lagi-lagi KOMIK, hehehe) juga. Baru baca 1 paragraf udah nanya. "Ini (tokoh utamanya) cowok apa cewek?" Gue bilang dengan penuh keyakinan, "Baca ajaaa..." Eh sampe akhir dia ngga tahu itu cowok apa cewek. YA ENGGA LAH. Hehehe. Yang dia tanyain selanjutnya adalah, "Kok dia begini? Kok dia begitu? Kok dia pake baju? Kok dia makan pete? Kok dia nanya mulu? KOK???" Yah agak hiperbolis, tapi secara garis besar begitulaaah...Ya gue jawab, ini gini, ini gitu, dia manusia makanya pake baju, dia emang hobi makan pete, dia mikir kalo ngga nanya sesat di jalan. Trus dia teriak kalap, "DIJELASIN DONG!" Setelah gue beralasan gini gitu, dia bilang lagi sambil menepuk bahu gue simpatik, "Si Bu 'Teman-Teman' (dia disebut begitu karena dia hobi bilang ke anak-anak, "Nah, teman-teman...") nggak akan ngerti, Yes."

Ketiga gue kasih ke temen gue yang ikut ekskul creative writing, dia juga anak bahasa, suka banget baca. Dia lumayan ngerti sih--dia ini yang paling ngerti. Hehehe. Dia juga ngga nanya, ini cowok apa cewek. Pas gue bilangin, "Kok lo ngga nanya ini cowok apa cewek?" "Diem, ntar gue kagak nyambung!" Akhirnya gue persilakan dia baca sampe selesai (meskipun di tengah dia pake memvisualisasikan dialog yang ada di situ dulu pake bahasa Inggris) dan setelah gue tanya-tanyain, retelling story, bisa dibilang dia menangkap sebanyak 80 persen. Baguuussss.

Keempat gue kasih ke temen gue yang hobi baca buku impor bergenre adventure. Dia nanya-nanya terus, dan gue coba jelasin. Trus pas gue minta komentar overallnya, "Coba jelasin apa yang lo ngerti, Tel." "GUE NGGAK NGERTI APA-APA, YES."

Beuh. Cerpen gue penuh dengan ketidakjelasan. HEBAT SEKALI.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home