Saturday, April 26, 2008

IMPLISITISME

setelah bertahun-tahun...
gue pun mendapatkan pengakuan, bahwa gue sudah dimaafkan.
legaaaa banget rasanya.

I'm terribly sorry for what I've done! Dulu gue bener-bener ngga dewasa, semaunya sendiri, egois abis!

Yak, selesai untuk confession-nya.

Hehehe.

Baru dapet nilai jelek lagi buat pelajaran Kimia.
Tapi, jangan khawatir! Ulangan berikutnya hafalan, pasti gue bisa! GUE HARUS DAPET 10!

Trus baru bikin cerpen lagi, cuma 3 halaman. Yang ada di posting yang lalu, 5 halaman persis, itu pun masih ngga jelas. Jadi daripada nilai gue jelek karena si 'Bu Teman-Teman' ngga ngerti ceritanya apa, mending bikin lagi.

Padahal kata temen gue yang anak bahasa itu, Gebi, yang gue bilang nangkep ceritanya paling banyak, dia suka sama cerita itu. Bahkan dia minta print outnya buat dia. Hiks, aku jadi terharu, Gebiii...

Cerpen gue yang baru ini, proses kreatifnya agak-agak unik.

Awalnya, hari Minggu, sekitar jam 3-4 sore gitu, gue udah berketetapan hati mau bikin cerpen lagi, meski ngga ada ide. Yah ngga kosong sama sekali sih, gue pikir gue mau bikin cerpen yang agak-agak ringan, lebih realistis, lebih penuh cinta (^^;;). Mungkin intinya gue mau bikin love story. Tapi ngga yang remaja, tentu saja. Gue engga ngerti dan engga mau mengalami percintaan remaja yang isinya bener-bener manja-manjaan, ngga ada keseriusan. Ihh, males banget.

Jadi inget pas tadi abis les yoga (I've attended a yoga class for 4 months), gue ditegur sama guru yoga hari Rabu gue, namanya Bu Rita.

"Eh, si Njes (kesalahan pertama! Nama gue Yessica with a 'Y' as in 'yoyo' not as in 'jellybean'!)." Trus dia ketawa renyah sama ibu-ibu yang laen, "Namanya Jessica (dibilangin bukan! Udah, nama gue Kartini aja deh! Susah-susah banget sih!)"
"Mau pulang Jes? Malem minggu ke mana acaranya?"
"Wah, langsung tidur nih kayaknya, Bu (iya, gara-gara les yoga jam 4 sampe setengah 6 ini gue jadi ngga punya malem minggu!)."
"Malem minggu udah ada yang ngapelin blom?"
Biasanya sih gue bilang, "Banyak, ada tiga belas." Tapi karena gue cewek baik-baik yang pendiam dan JUJUR, gue bilang, "Ya BELOM lah Bu."
Ehh si Bu Rita ngakak sama ibu-ibu yang laen. Setengah 'cape deh' setengah takut diomelin nyokap karena udah telat sepuluh menit, gue pun langsung kabur. Gue papasan sama guru gue hari itu, hari Sabtu, namanya Mas Widhi.
"Kenapa Jes (uuu...sama aja salahnya. Nama gue Y-E-S-S-I-C-A tau!)?"
"Tau tuh. Biasa, ibu-ibu."

Euh. Cape banget deh. Emang kenapa kalo gue jomblo?

Back to the main topic.

Karena itu gue udah mulai cari-cari nama untuk cerpen baru itu. Seperti biasa nama Prancis lagi. Entah kenapa gue agak punya fetish sama nama Prancis. Seneng aja gitu. Lalu mulai deh ngetik-ngetik, gue cukup punya tujuan, mau gue adaptasi dari pengalaman gue nyari kado buat Gebi, yang ngga ketemu-ketemu saking gue bingungnya. Tenang Geb, gue masih normal kok, gue ngga (baca: belom ^^;) nganggep lo lebih dari sahabat...namanya juga adaptasi ya ngga harus sama persis laaah...

Trus jam 5 sampe setengah tujuh gue ke gereja, dan (maafkan umatMu ini ya Tuhan, ngga lagi deh) gue malah mikirin cerpen gue, dan gue udah dapet endingnya. Tapi setelah sampe rumah, makan nonton, sekitar jam 10-11 gitu gue lanjutin, yang keluar malah beda jauh. Bener-bener melenceng. And the good thing is, SELESAI saat itu juga.

Mungkin inilah yang disebut 'waktu inspiratif'. Hehe. Bikin istilah sendiri.

Besoknya gue kasih ke temen-temen gue, biasa, gue minta mereka baca n komentarin. Baru sempet satu sih yang baca. Dan setelah itu ada 3 hari UAN dan selama itu gue libur, bikin drama radio di rumah temen. Di sana gue juga meriset lagi, nanya-nanya sama cowok-cowok kelompok gue, "Pernah diputusin cewek ga? Kalo diputusin, apa yang dipikirkan? Nanya ngga kenapa diputusin? Kalo ngga dikasih tau? Berapa hari lo terbayang-bayang tentang cewek itu? Abis itu masih suka ngeliatin cewek itu ga?" Dan beberapa hal gue edit lagi. Setelah itu beberapa orang gue suruh baca lagi.

Hiks, aku terharu. Banyak yang bilang bagus dan kali ini mereka nangkep ceritanya 80-100 %. Ada sih yang ngga ngerti, tapi gue ngga sempet nanya bagian mana yang dia ngga ngerti.

Satu hal lagi yang menyenangkan, salah satu pembaca cerpen gue, Muni, anak bahasa juga, bisa menangkap satu rahasia dari cerpen gue. Karakter-karakter adalah anak-anak penulis (menurut gue), dan gue gembira kalo ada pembaca yang bisa mengerti perasaan anak-anak gue itu.

Tapi mai bespren yang baca juga, Stella, sempet bilang, cerpen gue terlalu implisit. Tersirat banget. Well, that's my style, gue suka 'implisitisme'. Dulu pas pelatihan creative writing, si Om/Mas/Pak/Kak Radit, guru gue inget sama tips 'showing, not telling' gara-gara baca tulisan gue. Hehehe. Bangga, sekaligus jadi tau banget gaya gue sendiri. IMPLISITISME (warning: kata ini tidak ada dalam kamus)!

"Tapi kan susah, Yes..."
Bu Teman-Teman kan bacaannya sastra juga, masa dia ngga ngerti??? Plis dong akh!


peace XP

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home